Senin, 30 Maret 2015

PROGRAM BAYI TABUNG MURAH



Buah hati adalah dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Beberapa pasangan ada yang dengan mudah mendapatkannya, namun beberapa juga mengalami kesulitan karena berbagai sebab masalah kesuburan, stress, dan sebab lainnya.

Program bayi tabung adalah salah satu ikhtiar bagi pasangan suami istri untuk mendapatkan keturunan. Ada beberapa rumah sakit yang memiliki program bayi tabung dengan harga mulai dari 20 - 65 juta.

RS Family Pluit Jakarta yang memiliki Klinik Family Fertility Center (FFC) sejak 2004 mematok harga untuk program bayi tabung mulai Rp. 20 - 65 juta. Beberapa program tersebut adalah :
  • Natural yaitu program bayi tabung tanpa obat-obatan untuk menstimulasi pematangan sel telur. Jadi sel telur dibiarkan matang secara alami di dalam tubuh dan akan diambil lewat operasi kecil dan di pertemukan dengan sperma pasangannya di laboratorium. Jika pembuahan sukses, selanjutnya embrio ditanamkan ke dalam rahim. Harga program Natural sekitar 20 - 30jt.
  • Natural Modified, program ini tidak berbeda jauh dengan Program Natural, hanya saja pada program ini calon bunda akan diberi obat hormon oral/minum. Harga Program ini berkisar 20 - 30jt.
  • MILD : Pada program ini calon bunda akan diberi obat stimulasi dengan kombinasi suntikan dosis rendah 1-3 kali. Proses selanjutnya sama dengan Program Natural. Biaya berkisar 30 - 40jt.
  • IVM (In Vitro Maturation) : pematangan sel telur di lakukan di luar tubuh. Biaya berkisar 40 - 45jt.
  • Long Agonist, Antagonist, Antagonist + LH : Ketiga program ini sudah menggunakan obat stimulasi dosis tinggi dan biayanya tentu lebih mahal hingga Rp.65jt bahkan lebih bergantung pada dosis obat yang diberikan.
Semua harga tersebut di luar harga skrining (HSG, cadangan telur, sperma, hormon) yang dilakukan satu siklus sebelum pelaksanaan program bayi tabung.

Menurut dr. Malvin Emeraldi, SpOG dari klinik FFC, program-program tersebut bisa disesuaikan dengan beberapa kondisi pasangan. Pasangan yang suaminya mengalami gangguan sperma berat misalnya, tentu tidak dapat mengikuti Program Bayi tabung Natural. Lain halnya pada pasangan dengan istri yang cadangan telurnya kurang dari 3 saat pemeriksaan USG, maka pilihan paket Natural bisa diterapkan.

Selain di Klinik FFC, program bayi tabung murah juga diselenggarakan oleh Klinik Morula IVF RSIA Bunda Menteng Jakarta, meski hanya pada bulan bulan tertentu, dengan harga mulai 40 juta. Harga ini untuk IVF (In Vitro Fertilization) dan sudah termasuk pemeriksaan laboratorium dan sebagainya.
" Kondisi setiap pasangan memang berbeda beda sehingga akan mendapatkan obat yang berbeda pula. Dengan demikian harga memang tidak bisa di samaratakan." Jelas dr. Aryando Pradana, SpOG dari Morula IVF, RSIA Bunda Jakarta.

Di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung juga menyelenggarakan program bayi tabung murah seharga Rp. 49jt untuk satu siklus. Maksudnya, dimulai dari proses pengambilan sel telur dan sel sperma, dibuahi secara IVF menjadi embrio, kemudian dimasukkan ke dalam rahim, hingga berkembang menjadi kehamilan. Tapi biaya tersebut belum termasuk penyimpanan embrio di dalam freezer," ujar dr. Hartanto Bayuaji, SpOG(K), Kepala Instalasi Teknologi Reproduksi Berbantu (Aster Fertility Clinic) RSUP Hasan Sadikin Bandung.

Jika proses kehamilan gagal, harus kembali memasukkan embrio ke dalam rahim, dan tentunya akan dikenakan biaya tambahan. Embrio yang dimasukkan tersebut diambil dari embrio hasil fertilisasi sebelumnya yang lebih dari satu dan disimpan dalam freezer.

Bila anda tertarik menjalani  program bayi tabung ini, mohon mencari info selengkap-lengkapnya untuk masalah biaya karena bisa saja biaya akan makin membengkak bila memerlukan pemeriksaan fertilitas yang lebih kompleks lagi.

Proses proses saat memulai program bayi tabung akan saya jelaskan di postingan berikutnya. Mudah-mudahan para ayah dan bunda yang sangat menginginkan kehadiran buah hati diberi kemudahan dalam setiap ikhtiarnya, sisanya pasrahkan pada Allah Subhanahu wata'ala.



Sumber : Tabloid NAKITA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar